Tugu Binokasih Sumedang

Tugu Binokasih Sumedang adalah sebuah monumen selamat datang ke Kota Sumedang dari arah Bandung.

Daerah lingkungan Monumen Tugu Taman Endog

Ini merupakan daerah Taman Endog bagian Jembatan Pasifik

Masjid Agung Sumedang

Penampakan bagian atap Masjid Agung Sumedang.

Bendungan Jatigede Sumedang

Ini adalah penampakan bagian Bendungan Jatigede Sumedang.

Jans Park Sumedang

Salah satu bagian dari Jatinangor Park Nasional Sumedang.

ASESMEN PEMBELAJARAN

 


SUMEDANG - Sebagaimana dinyatakan dalam Prinsip Pembelajaran dan Asesmen, asesmen adalah aktivitas yang menjadi kesatuan dalam proses pembelajaran. Asesmen dilakukan untuk mencari bukti ataupun dasar pertimbangan tentang ketercapaian tujuan pembelajaran. Maka dari itu, pendidik dianjurkan untuk melakukan asesmen-asesmen berikut ini : 

1. Asesmen formatif, yaitu asesmen yang bertujuan untuk memberikan informasi atau umpan balik bagi pendidik dan peserta didik untuk memperbaiki proses belajar. 

a. Asesmen di awal pembelajaran 

yang dilakukan untuk mengetahui kesiapan peserta didik untuk mempelajari materi ajar dan mencapai tujuan pembelajaran yang direncanakan. Asesmen ini termasuk dalam kategori asesmen formatif karena ditujukan untuk kebutuhan guru dalam merancang pembelajaran, tidak untuk keperluan penilaian hasil belajar peserta didik yang dilaporkan dalam rapor. 

b. Asesmen di dalam proses pembelajaran yang dilakukan selama proses pembelajaran untuk mengetahui perkembangan peserta didik dan sekaligus pemberian umpan balik yang cepat. Biasanya asesmen ini dilakukan sepanjang atau di tengah kegiatan/langkah pembelajaran, dan dapat juga dilakukan di akhir langkah pembelajaran. Asesmen ini juga termasuk dalam kategori asesmen formatif.  

2. Asesmen Sumatif, yaitu asesmen yang dilakukan untuk memastikan ketercapaian keseluruhan tujuan pembelajaran. Asesmen ini dilakukan pada akhir proses pembelajaran atau dapat juga dilakukan sekaligus untuk dua atau lebih tujuan pembelajaran, sesuai dengan pertimbangan pendidik dan kebijakan satuan pendidikan. Berbeda dengan asesmen formatif, asesmen sumatif menjadi bagian dari perhitungan penilaian di akhir semester, akhir tahun ajaran, dan/atau akhir jenjang. 

Kedua jenis asesmen ini tidak harus digunakan dalam suatu rencana pelaksanaan pembelajaran atau modul ajar, tergantung pada cakupan tujuan pembelajaran. Pendidik adalah sosok yang paling memahami kemajuan belajar peserta didik sehingga pendidik perlu memiliki kompetensi dan keleluasaan untuk melakukan asesmen agar sesuai dengan kebutuhan peserta didik masing-masing. Keleluasaan tersebut mencakup perancangan asesmen, waktu pelaksanaan, penggunaan teknik dan instrumen asesmen, penentuan kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran, dan pengolahan hasil asesmen. Termasuk dalam keleluasaan ini adalah keputusan tentang penilaian tengah semester. 

Pendidik dan satuan pendidikan berwenang untuk memutuskan perlu atau tidaknya melakukan penilaian tersebut. Pendidik perlu memahami prinsip-prinsip asesmen, di mana salah satu prinsipnya mendorong penggunaan berbagai bentuk asesmen, bukan hanya tes tertulis, agar pembelajaran bisa lebih terfokus pada kegiatan yang bermakna serta informasi atau umpan balik dari asesmen tentang kemampuan peserta didik juga menjadi lebih kaya dan bermanfaat dalam proses perancangan pembelajaran berikutnya. 

Untuk dapat merancang dan melaksanakan pembelajaran dan asesmen sesuai arah kebijakan Kurikulum Merdeka, berikut ini adalah penjelasan lebih lanjut tentang asesmen formatif dan asesmen sumatif sebagai acuan.

Asesmen Formatif 

Penilaian atau asesmen formatif bertujuan untuk memantau dan memperbaiki proses pembelajaran, serta mengevaluasi pencapaian tujuan pembelajaran. Asesmen ini dilakukan untuk mengidentifikasi kebutuhan belajar peserta didik, hambatan atau kesulitan yang mereka hadapi, dan juga untuk mendapatkan informasi perkembangan peserta didik. Informasi tersebut merupakan umpan balik bagi peserta didik dan juga pendidik. 

  • Bagi peserta didik, asesmen formatif berguna untuk berefleksi, dengan memonitor kemajuan belajarnya, tantangan yang dialaminya, serta langkah-langkah yang perlu ia lakukan untuk meningkatkan terus capaiannya. Hal ini merupakan proses belajar yang penting untuk menjadi pembelajar sepanjang hayat. 
  • Bagi pendidik, asesmen formatif berguna untuk merefleksikan strategi pembelajaran yang digunakannya, serta untuk meningkatkan efektivitasnya dalam merancang dan melaksanakan pembelajaran. Asesmen ini juga memberikan informasi tentang kebutuhan belajar individu peserta didik yang diajarnya.

Agar asesmen memberikan manfaat tersebut kepada peserta didik dan pendidik, maka beberapa hal yang perlu diperhatikan pendidik dalam merancang asesmen formatif, antara lain sebagai berikut : 

  • Asesmen formatif tidak berisiko tinggi (high stake). Asesmen formatif dirancang untuk tujuan pembelajaran dan tidak seharusnya digunakan untuk menentukan nilai rapor, keputusan kenaikan kelas, kelulusan, atau keputusan-keputusan penting lainnya. 
  •  Asesmen formatif dapat menggunakan berbagai teknik dan/atau instrumen. Suatu asesmen dikategorikan sebagai asesmen formatif apabila tujuannya adalah untuk meningkatkan kualitas proses belajar. 
  • Asesmen formatif dilaksanakan bersamaan dengan proses pembelajaran yang sedang berlangsung sehingga asesmen formatif dan pembelajaran menjadi suatu kesatuan. 
  • Asesmen formatif dapat menggunakan metode yang sederhana, sehingga umpan balik hasil asesmen tersebut dapat diperoleh dengan cepat. 
  • Asesmen formatif yang dilakukan di awal pembelajaran akan memberikan informasi kepada pendidik tentang kesiapan belajar peserta didik. Berdasarkan asesmen ini, pendidik perlu menyesuaikan/memodifikasi rencana pelaksanaan pembelajarannya dan/ atau membuat diferensiasi pembelajaran agar sesuai dengan kebutuhan peserta didik. 
  • Instrumen asesmen yang digunakan dapat memberikan informasi tentang kekuatan, hal-hal yang masih perlu ditingkatkan oleh peserta didik dan mengungkapkan cara untuk meningkatkan kualitas tulisan, karya atau performa yang diberi umpan balik. Dengan demikian, hasil asesmen tidak sekadar sebuah angka. 
Contoh-contoh pelaksanaan asesmen formatif :
  • Pendidik memulai kegiatan tatap muka dengan memberikan pertanyaan berkaitan dengan konsep atau topik yang telah dipelajari pada pertemuan sebelumnya. 
  • Pendidik mengakhiri kegiatan pembelajaran di kelas dengan meminta peserta didik untuk menuliskan 3 hal tentang konsep yang baru mereka pelajari, 2 hal yang ingin mereka pelajari lebih mendalam, dan 1 hal yang mereka belum pahami. 
  • Kegiatan percobaan dilanjutkan dengan diskusi terkait proses dan hasil percobaan, kemudian pendidik memberikan umpan balik terhadap pemahaman peserta didik. 
  • Pendidik memberikan pertanyaan tertulis, kemudian setelah selesai menjawab pertanyaan, peserta didik diberikan kunci jawabannya sebagai acuan melakukan penilaian diri. 
  • Penilaian diri, penilaian antarteman, pemberian umpan balik antar teman dan refleksi. Sebagai contoh, peserta didik diminta untuk menjelaskan secara lisan atau tulisan (misalnya, menulis surat untuk teman) tentang konsep yang baru dipelajari. 
  • Pada PAUD, pelaksanaan asesmen formatif dapat dilakukan dengan melakukan observasi terhadap perkembangan anak saat melakukan kegiatan bermain-belajar. 
  • Pada pendidikan khusus, pelaksanaan asesmen diagnostik dilakukan untuk menentukan fase pada peserta didik sehingga pembelajaran sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik peserta didik, misalnya: salah satu peserta didik pada kelas X SMALB (Fase E) berdasarkan hasil asesmen diagnostik berada pada Fase C sehingga pembelajaran peserta didik tersebut tetap mengikuti hasil asesmen diagnostik yaitu Fase C. 
Asesmen Sumatif 

Penilaian atau asesmen sumatif pada jenjang pendidikan dasar dan menengah bertujuan untuk menilai pencapaian tujuan pembelajaran dan/atau CP peserta didik sebagai dasar penentuan kenaikan kelas dan/atau kelulusan dari satuan pendidikan. 

Penilaian pencapaian hasil belajar peserta didik dilakukan dengan membandingkan pencapaian hasil belajar peserta didik dengan kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran. Sementara itu, pada pendidikan anak usia dini, asesmen sumatif digunakan untuk mengetahui capaian perkembangan peserta didik dan bukan sebagai hasil evaluasi untuk penentuan kenaikan kelas atau kelulusan. 

Asesmen sumatif berbentuk laporan hasil belajar yang berisikan laporan pencapaian pembelajaran dan dapat ditambahkan dengan informasi pertumbuhan dan perkembangan anak. 

Adapun asesmen sumatif dapat berfungsi untuk : 

  • alat ukur untuk mengetahui pencapaian hasil belajar peserta didik dalam satu atau lebih tujuan pembelajaran di periode tertentu; 
  • mendapatkan nilai capaian hasil belajar untuk dibandingkan dengan kriteria capaian yang telah ditetapkan; dan 
  • menentukan kelanjutan proses belajar siswa di kelas atau jenjang berikutnya. 
Asesmen sumatif dapat dilakukan setelah pembelajaran berakhir, misalnya pada akhir satu lingkup materi (dapat terdiri atas satu atau lebih tujuan pembelajaran), pada akhir semester dan pada akhir fase; khusus asesmen pada akhir semester, asesmen ini bersifat pilihan. 

Jika pendidik merasa masih memerlukan konfirmasi atau informasi tambahan untuk mengukur pencapaian hasil belajar peserta didik, maka dapat melakukan asesmen pada akhir semester. Sebaliknya, jika pendidik merasa bahwa data hasil asesmen yang diperoleh selama 1 semester telah mencukupi, maka tidak perlu melakukan asesmen pada akhir semester. 

Hal yang perlu ditekankan, untuk asesmen sumatif, pendidik dapat menggunakan teknik dan instrumen yang beragam, tidak hanya berupa tes, namun dapat menggunakan observasi dan performa (praktik, menghasilkan produk, melakukan projek, dan membuat portofolio).

Sumber Berita : Pembelajaran dan Asesmen dari BADAN STANDAR, KURIKULUM, DAN ASESMEN PENDIDIKAN KEMENTERIAN PENDIDIKAN, KEBUDAYAAN, RISET, DAN TEKNOLOGI REPUBLIK INDONESIA

PREPARE SMP NEGERI 3 CIMALAKA DENGAN E-RAPOR M.03

 



Sumedang - Senin, 11 Desember 2023, SMP Negeri 3 Cimalaka mulai menpersiapkan nilai para siswa untuk dituliskan dalam e-raport versi baru yakni Versi M.03. Tentu saja banyak perbedaan dari aplikasi yang terdahulu. Maka dari pada itu, agar pekerjaan para Bp/Ibu guru SMP Negeri 3 Cimalaka memasukkan nilai tersebut ke dalam e-raport versi M.03 lancar, maka diadakanlah Sosialisasi e-raport Versi M.03 yang dihadiri seluruh Bp/Ibu Guru. Dipimpin langsung oleh Kepala Sekolah SMP Negeri Cimalaka, Ani Kartika, S.Pd maka sosialisasi tersebut dimulai.

Wakasek Kurikulum SMP Negeri 3 Cimalaka, Royo Eko Wardoyo, S.Pd, membuka sosialisasi tersebut dengan menjelaskan pentingnya mengenal aplikasi e-rapor versi baru dengan tujuan untuk memperlancar kerja dari Bp/Ibu guru semuanya. “Minimalnya Bp/Ibu guru mengenal seperti apakah e-rapor versi baru tersebut sehingga Bapak Ibu bisa mudah dan lancar mengerjakan tugasnya yakni memasukkan nilai rapor anak-anak”.

Lebih lanjut dikatakannya bahwa perubahan dan perbedaan tersebut, meski SMP Negeri 3 Cimalaka menggunakan Kurikulum 2013, namun e-raportnya mengarah ke Kurikulum Merdeka. Hal ini dibuktikan dengan adanya :

1.  Tujuan Pembelajaran yang harus diisi secara manual oleh Bp/Ibu guru masing-masing.

2.  Dalam meng-input nilai, kita juga harus memilih yang mana TP Yang diukur dan Tercapai dengan Optimal dan mana TP yang diukur dan Perlu Peningkatan setiap siswa. Untuk itu kita harus lebih dahulu mempersiapkan nilai tersebut dalam excel tersendiri sehingga tidak akan kebingungan dalam men-ceklis mana saja yang optimal dan mana saja yang perlu adanya peningkatan.

Wakasek Kurikulum telah mempersiapkan rentang KKM baik kelas VII, VIII maupun kelas IX di mana fungsinya adalah untuk membantu men-ceklis TP Yang diukur dan Tercapai dengan Optimal serta TP yang diukur dan Perlu Peningkatan. Kita sepakat yang perlu peningkatan adalah nilai yang berinterval “Cukup”. Sedangkan nilai yang Baik dan Amat baik masuk ke dalam TP Yang diukur dan Tercapai dengan Optimal.


3. Nilai P3 K.13 dimana kita harus menginput nilai karakter 3 dari 6 Dimensi. Untuk SMP Negeri 3 Cimalaka, dari 6 Dimensi tersebut 3 Dimensi yang kita pilih adalah:

1)   Beriman, Bertaqwa Kepada Tuhan Yang Maha Esa dan Berakhlaq Mulia

2)   Berkebinekaan Global

3)   Bergotng royong


Sosialisasi tersebut dipandu oleh Operator SMP Negeri 3 Cimalaka, Nasrul Haq, S.Kom dengan menjelaskan seperti apa aplikasi e-rapor versi M.03 yang baru tersebut. Untuk memperjelas penjelasan, diputarlah video penjelasan aplikasi e-rapor versi M.03 yang menitikberatkan cara pengisian e-rapor versi M.03 dari mulai masuk aplikasi yakni : mengetik NIP bagi ASN dan mengetik nama huruf kecil tanpa spasi bagi NON ASN. Kemudian passwordsnya adalah eraporkm123456 untuk semunya.

Setelah kita bisa masuk ke aplikasi e-rapor tersebut, kita harus ke Tujuan Pembelajaran di mana setiap bab itu 1 tujuan pembelajaran. Di situlah kita harus mempersiapkan terlebih dahulu di Words supaya lebih mudah dan cepat untuk dicopykan ke aplikasi. Caranya adalah menulis “memahami ........... dimana huruf “m”nya kecil dan tanpa ada titik di belakang kalimat terakhir karena nanti secara otomatis akan dirangkai oleh aplikasi e-raport tersebut menjadi deskripsi yang runtut.

Setelah selesai Sosialisasi tersebut, maka mulai pada hari Selasa, 12 Desember 2023 para Bp/Ibu guru memulai mempraktikkan ilmu yang didapat dalam sosialisasi tersebut di Ruang Komputer.

Itulah sekelumit tentang aplikasi e-rapor M.03 yang baru dan pengenalannya serta pengaplikasiannya di SMP Negeri 3 Cimalaka. Tetap semangat bapak Ibu guru untuk menuliskan nilai terbaik para siswa di e-rapor. (Royo Eko Wardoyo)



JEJAK HUNIAN WARGA DI WADUK JATIGEDE PERLAHAN TERGENANG LAGI

 


Sumedang - Puing-puing bekas bangunan rumah di pesisir Waduk Jatigede, Kabupaten Sumedang, kini mulai akan terendam kembali. Hal itu seiring dengan intensites hujan yang mulai meningkat di beberapa daerah di Jawa Barat. Seperti yang terpantau di wilayah pesisir waduk atau tepatnya di Desa Pakualam, Kecamatan Darmaraja pada Sabtu (10/12/2023) sore.

Seperti yang dilansir detik.com, tanah lapangan di pesisir waduk yang muncul akibat penyusutan air saat kemarau, dari yang semula kering kerontang, kini tampak menghijau setelah terkena guyuran hujan.

Sementara puing - puing bekas bangunan rumah warga, beberapa di antaranya, kini sudah ada yang mulai terendam kembali. Seperti puing-puing yang ada atau dulunya termasuk ke dalam wilayah Desa Cipaku.

Sekadar diketahui, Desa Cipaku menjadi salah satu desa yang seluruh wilayahnya terkena imbas dari pembangunan Waduk Jatigede. Konon saat itu, seluruh warganya pun direlokasi.

Wedah (51), pemilik warung di pesisir waduk mengatakan, permukaan air Waduk Jatigede mulai terlihat ada kenaikan pada saat memasuki bulan Desember ini. Hal itu seiring dengan hujan yang kerap turun.

"Pas masuk bulan Desember ini, pas sering turun hujan saja, sangat terlihat ada kenaikan permukaan airnya," ujarnya saat berbincang dengan detikJabar di lokasi.

Kenaikan itu terlihat dari beberapa puing bekas bangunan rumah warga yang semula tak tergenang imbas adanya penyusutan air akibat kemarau, kini mulai digenangi air kembali.

"Bangunan yang di sana itu yang dulunya masuk wilayah Desa Cipaku atau sebelum makam, sekarang sudah mulai kembali tergenang air, padahal pas musim kemarau kemarin, air di sekitar bangunan itu surut," paparnya.



Wedah menyebut, meski volume permukaan air waduk ada kenaikan namun saat ini volumenya masih belum maksimal.

"Biasanya kalau maksimalnya, air waduknya itu bisa sampai sini," ujarnya sambil menunjuk ke arah tepian warung atau jarak airnya sekitar 5 meter dari warung miliknya.

Warung milik Wedah dengan bibir waduk, saat ini jaraknya diperkirakan masih sekitar seratus hingga tiga ratus meteran.

Volume air Waduk Jatigede akan terus bertambah jika intensitas hujan pun terus meningkat terutama di wilayah Garut. Sebab, pasokan air Waduk Jatigede berasal dari sungai Cimanuk yang hulunya berada di salah satu kecamatan di Garut.

Puing-puing bekas bangunan rumah warga di pesisir Waduk Jatigede, Kabupaten Sumedang mulai kembali terendam seiring tiba musim hujan.

Sumber berita : https://www.detik.com/jabar/berita/d-7082191/jejak-hunian-warga-di-waduk-jatigede-perlahan-tergenang-lagi.


Direktorat SMP Rilis e-Rapor SMP Versi Terbaru M.03

 


Sumedang - Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) melalui Direktorat SMP merilis updater terbaru untuk aplikasi e-Rapor SMP, yaitu versi M.03. Inovasi tersebut ditujukan untuk mendukung Sekolah Menengah Pertama (SMP) yang menerapkan Panduan Pembelajaran dan Asesmen Kurikulum Merdeka, serta Panduan Pembelajaran Asesmen Kurikulum 2013 dalam menjalankan proses pembelajaran dan asesmen di sekolah.

Sama seperti e-Rapor KM versi M.01, updater aplikasi e-Rapor SMP Versi M.03 ini diciptakan untuk mempermudah administrasi pelaporan hasil belajar. Guru hanya perlu memasukkan satu nilai per mata pelajaran, dilengkapi dengan deskripsi kompetensi yang mencerminkan nilai tersebut. Updater aplikasi e-Rapor ini menjadi solusi efisien karena dapat menampung dua kurikulum sekaligus dalam satu sistem aplikasi.

Salah satu hal yang perlu diperhatikan dalam penggunaan aplikasi e-Rapor SMP versi M.03 adalah integrasinya dengan sistem Dapodik. Oleh karena itu, sangat penting untuk melakukan pemutakhiran data secara berkala dan memastikan kevalidan informasi satuan pendidikan di dalam Dapodik.

Aplikasi e-Rapor SMP versi M.03 dirilis dalam bentuk installer. Berikut panduan instalasi untuk pengguna baru e-Rapor versi M.03:

  1. Unduh updater Aplikasi e-Rapor SMP versi M.03 pada tautan berikut: https://s.id/eraporsmpm03
  2. Install Aplikasi e-Rapor SMP Versi M.03
  3. Restart komputer bila perlu
  4. Login sebagai admin (user dan password : administrator) 
  5. Setting Webservice Dapodik untuk mengintegrasikan e-Rapor dan Dapodik
  6. Ambil data Dapodik ppdate semester) kemudian Logout.
  7. Login sebagai administrator pada tahun ajaran terbaru
  8. Ambil data dapodik (semua data)
  9. Aplikasi siap digunakan sesuai panduan.
  10. Selesai

Bagi sekolah yang sebelumnya menggunakan e-Rapor KM versi M.01 bisa menginstall versi terbaru M.03 dengan mengikuti panduan instalasi berikut ini:

  1. Backup data e-Rapor KM versi M.01 
  2. Simpan hasil backup pada tempat penyimpanan yang aman
  3. Uninstall Aplikasi e-Rapor KM versi M.01
  4. Restart Komputer
  5. Unduh updater Aplikasi e-Rapor SMP versi M.03 pada tautan berikut: https://s.id/eraporsmpm03
  6. Install updater Aplikasi e-Rapor SMP Versi M.03
  7. Bersihkan cookies dan cache browser Anda, Restart komputer bila perlu.
  8. Silahkan Login sebagai admin (user dan password : administrator)
  9. Restore hasil Backup e-Rapor KM SMP versi M.01 ke aplikasi e-Rapor SMP versi M.03 
  10. Untuk langkah berikutnya, silakan ikuti manual penggunaan aplikasi sesuai dengan fungsi dan peran di e-Rapor SMP versi M.03

Bagi Sobat SMP yang ingin mengetahui petunjuk penggunaan e-Rapor SMP versi M.03 lebih lanjut , bisa dengan klik tautan berikut ini untuk administrator sekolah, tautan ini untuk guru, dan link ini untuk petunjuk penggunaan siswa.

Sumber : https://ditsmp.kemdikbud.go.id/direktorat-smp-rilis-e-rapor-smp-versi-terbaru-m-03/

18 Daftar Produk Israel di Indonesia

 


Sumedang - Konflik atau perang antara Israel dan Palestina terus menjadi perhatian dunia. Baru-baru ini, lembaga Hak Asasi Manusia (HAM) Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) menyampaikan serangan udara Israel terhadap kamp pengungsi Jabalia di Gaza dianggap sebagai pelanggaran hukum dalam perang. 

Hal tersebut terjadi pada saat meningkatnya ketakutan atas tewasnya sejumlah warga sipil di Gaza dalam perang tersebut yang sudah hampir terjadi sebulan. Selain itu, konflik ini juga menyebabkan banyak masyarakat di seluruh dunia marah terhadap ketidakpedulian Israel terhadap Palestina.Hal ini yang akhirnya mendorong mereka untuk melakukan boikot terhadap produk-produk Israel yang dijual di negara masing-masing. Berikut beberapa produk Israel di Indonesia.

Ini dia beberapa produk Israel yang dijual di Indonesia. Apa saja produknya? Yuk simak selengkapnya di sini!

1. Puma

Merek ini merupakan salah satu produsen pakaian olahraga terkenal di dunia. Namun, Puma menjadi salah satu produk yang diboikot oleh sejumlah masyarakat di dunia. Hal tersebut dikarenakan menjadi sponsor internasional tunggal Asosiasi Sepak Bola Israel (IFA).

2. HP

Perusahaan-perusahaan merek HP yang menyediakan dan mengoperasikan teknologi yang digunakan oleh Israel untuk menjaga sistem apartheid, pendudukan, dan kolonialisme di atas wilayah Palestina.

Mereka memberikan layanan dan teknologi kepada tentara dan polisi Israel yang menjaga pendudukan ilegal Israel serta pengepungan Gaza. HP ini juga menyediakan Itanium servers eksklusif kepada Otoritas Penduduk dan Imigrasi Israel untuk sistem Aviv.

3, Ahava

Produk ini merupakan salah satu merek produk kecantikan yang dijual di sejumlah negara. Ahava Cosmetics mempunyai tempat produksi, pusat kunjungan, dan toko utama di pemukiman Israel.

4, Rummikub

Selanjutnya ada produk Rummikub yang merupakan permainan anak-anak yang cukup populer di Indonesia. Permainan tersebut berjenis boar game yang mirip seperti mahjong dan dimainkan dengan 104 kartu berangka 1 hingga 13 dengan empat jenis warna.

5. Tiny Love

Merek ini mempunyai kantor pusat di Tel Aviv-Jaffa, Israel. Tiny Love merupakan merek perlengkapan bayi khususnya untuk konsumen dengan kelas menengah ke atas.

Hal tersebut karena harganya yang cukup tinggi. Tapi, harga itu sebanding dengan kualitas yang ditawarkan.

6. Edushape

Produk ini adalah alat permainan yang digunakan untuk melatih kecerdasan anak kecil. Kantor pusat penjualan alat permainan ini berada di Rosh Ha’ayin, Israel, tetapi produk-produk tersebut diproduksi di China.

7. Taf Toys

Merek tersebut merupakan merek perlengkapan bayi yang telah beredar di Indonesia. Produknya termasuk gendongan bayi, sabuk pengaman bayi, kereta bayi, mainan berbentuk mobil-mobilan untuk bayi, dan lainnya.

8. Jeruk shantang

Produk ini merupakan salah satu jenis jeruk yang diimpor langsung dari Israel sejak tahun 2012. Sudah puluhan ton jeruk telah masuk ke Indonesia, dengan nilai perdagangan mencapai US$709.

9. SodaStream

Produk tersebut merupakan mesin dan silinder yang dapat diisi kembali sehingga penggunanya dapat  membuat soda atau minuman air berkarbonasi sendiri di rumah. SodaStream menjadi target boikot karena dianggap ikut dalam kebijakan Israel yang menggusur warga asli Palestina, suku Bedouin.

10. ailit

Produk alat musik seperti gitar, tamborin, drum, dan instrumen lainnya yang berasal dari Israel. Alat musik ini juga memiliki penggemar di Indonesia.

11. Sabra

Hummus Sabra merupakan hasil kerja sama antara PepsiCo dan Strauss Group, sebuah perusahaan makanan Israel yang memberikan dukungan dalam bentuk finansial kepada tentara Israel. Oleh karena itu, Sabra ikut menjadi sasaran boikot masyarakat dunia.

12. AXA

Asuransi AXA dianggap berinvestasi di bank-bank Israel yang  ikut menghancurkan tanah Palestina. Beberapa bank Israel yang sahamnya dikuasai AXA meliputi Bank Hapoalim, Bank Leumi, dan Mizrahi Tehafot.

13. Siemens

Produk ini juga disebut terlibat dalam usaha ilegal Israel yang bertujuan untuk pembangunan EuroAsia Interconnector di pemukiman Israel. EuroAsia Interconnector dirancang untuk menghubungkan jaringan listrik Israel dengan Eropa.

14. Keter plastic

Perusahaan produk rumah tangga ini berasal dari Israel dan sudah berhasil memasuki pasar Indonesia dengan label Black and Decker. Serta mereka membawa berbagai alat rumah tangga dan peralatan tukang dengan inovasi dan kualitas Israel.

15. Interstar

Produk merek ini merupakan sebuah merek mainan anak dari perusahaan Tip Top Toys. Merek ini memproduksi mainan jenis building block atau permainan konstruksi.

16. Plarium games

Perusahaan ini merupakan perusahaan pengembang dan penerbit game online yang sudah berdiri sejak tahun 2009. Perusahaan ini dikenal dengan game strategi online, seperti Vikings: War of Clans dan Raid: Shadow Legends.

17. ZAG Industries Ltd

Mirip Keter Group, Zag Industries juga menawarkan peralatan rumah tangga dan peralatan pertukangan. Salah satu produk unggulan di Indonesia adalah Palu.

18. Produk Lain yang ikut diboikot

Selain produk-produk yang sudah disebutkan, ada juga sejumlah produk lain yang diduga berkerjasama dengan Israel. Seperti Danone, McDonald’s, Starbucks, Coca-Cola, Burger King, Pizza Hut, Papa John’s, NestlĂ©, Jaffa, Eden, Strauss, dan Tivall.

Selain itu, terdapat juga merek kurma Israel seperti Jordan River, Hadiklaim, Tamara, King Solomon, Jordan Plains, Karsten Farms/Kalahari, dan Bomaja. Bukan cuma itu, beberapa perusahaan teknologi besar seperti Motorola, Intel, IBM, dan AOL.

Ada juga, produk kosmetik seperti Loreal, Revlon, Estee Lauder, dan Kimberly-Clark. Serta produk pakaian seperti M&S, Timberland, River Island, dan Delta juga termasuk dalam daftar produk yang perlu diwaspadai.

 


Sumedang - Ini kisah tentang dua dawai yang terbang jauh dari tempat asalnya. Dua dawai yang menjelajahi dinginnya 'suhu' Eropa. Dari kota tahu menuju negeri pizza. Dari Sumedang hinggap di Naples, Napoli, Italia sebagai kota pertamanya.

Seperti dilansir detikjabar.com, adalah duo musisi asal Bandung yang kini berdomisili di Tanjungsari Sumedang, yakni Teguh Permana selaku pemain tarawangsa dan Azah Sastra selaku pemain kecapi.

Saat ini, grup yang dinamainya Tarawangsawelas sedang menggelar tur Eropa bertajuk Winter Tour 2023. Sederet kota di Eropa akan disambanginya. Mulai dari Naples (Italia), Milan (Italia), Turin (Bologna), Roma (Italia), Geneva (Switzerland) dan Berlin (Jerman).

Grup yang bernaung di bawah Morphine Records, sebuah label rekaman asal Berlin, Jerman ini menampilkan musik tradisi tarawangsa dengan sentuhan kontemporer. Perjalanan Tarawangsawelas ke Eropa kali ini, selain untuk kegiatan tur serta memenuhi undangan acara, juga dalam rangka proses rekaman untuk album keduanya di Berlin, Jerman.

"Perjalanan kali ini sambil sekalian kami proses rekaman di Berlin dari tanggal 18 November sampai 19 November 2023," ungkap Teguh saat diwawancara detikJabar melalui sambungan telepon, Kamis (9/11/2023).

Ternyata bukan kali pertama Tarawangsawelas tampil di luar negeri. Tahun-tahun sebelumnya pun mereka pernah menjelajah kota di Eropa. Itu dimulai dari tahun 2017 sampai 2019 seperti Meakusma (Eupen,Belgia), Korzo Theater (Den Haag, Belanda), Berghain (Berlin, Jerman), Vooruit (Gent, Belgia), Global (Kopenhagen, Denmark), Marsell Paradise (Milan, Italia) dan beberapa kota lainnya.

Selain menjelajah Eropa, Tarawangsawelas juga pernah tampil di beberapa negera Asia pada 2019 seperti di Studio Lam (Bangkok, Thailand), We Are Neighbours (Bangkok, Thailand) dan Organik Festival (Taipei, Taiwan).

Menurut Teguh, tidak banyak perbedaan dalam tur yang digelar tahun ini. Bedanya hanya ada pergantian instrumen yang dipakai dari yang semula diiringi Jentreng, kini menggunakan kecapi Kawih. Hal itu seiring pergantian personel dari semula bareng Wisnu, kini bersama Azah Sastra dari sejak tahun 2020.

Sekadar diketahui, seni tarawangsa dimainkan dengan menggunakan dua alat musik, yakni tarawangsa atau alat musik gesek dengan dua dawai dan jentreng atau sebuah kecapi dengan tujuh senar.

Kesenian ini salah satunya berasal dari desa Rancakalong, Sumedang. Tarawangsa hadir sebagai bagian dari sebuah ritual, di mana selama delapan jam penuh, musik dan tarian terpatri sebagai bagian dari persembahan serta doa suci untuk mengungkapkan rasa syukur kepada Tuhan yang Maha Kuasa.

Tarawangsawelas sendiri tidak sekadar mempertahankan tradisi. Mereka menggabungkan Tarawangsa dengan kecapi siter, sebuah kecapi dengan dua puluh senar disertai efek pedal yang mengeluarkan nuansa suara baru yang dapat memikat serta menghanyutkan para pendengarnya.

Ide dan konsep dari Tarawangsawelas lahir dari kearifan seni tarawangsa itu sendiri. Sebuah komposisi musik meditatif, yang membawa pendengar berkhayal ke dalam alam kosmik dan menciptakan suasana atmosferik yang mempesona.

Tarawangsawelas telah menelurkan satu album berjudul Wanci (2017) yang dirilis ke dalam bentuk vinyl dan format platform digital.

Teguh berharap tur tahun 2023 ini dapat menambah pengalaman serta dapat menghadirkan nuansa baru bagi penonton yang belum pernah mendengar dan hadir dalam pertunjukan Tarawangsawelas.

Dalam tur kali ini, Tarawangsawelas akan membawakan beberapa lagu hasil ciptaannya. Di antaranya, Matahari, Dari Timur, Kecemasan, MTDH (materi baru) dan Pawon (materi baru).

Sumber : https://www.detik.com/jabar/budaya/d-7028387/kala-musik-tarawangsa-sumedang-jelajahi-kota-kota-di-eropa.



Segarnya Berenang di Mata Air Cikandung

 


Sumedang - Objek wisata  mata air Cikandung di Desa Nyalindung, Kecamatan Cimalaka bisa menjadi pilihan bagi yang suka berwisata air.  Pengunjung bisa menikmati kesegaran mata air alami dari kaki Gunung Tampomas sekaligus keindahan alam disekitarnya.  Di objek wisata ini, pengunjung bisa menikmati kejernihan dan kesegaran air dari kolam mata air Cikandung. Suasana yang asri serta rindangnya pepohonan yang melindungi mata air, menjadikan suhu udara di sekelilingnya menjadi sejuk.

Pengelola objek wisata Mata Air Cikandung Asep Suryapudin mengatakan, jika akhir pekan dan hari libur, pengunjung bisa mencapai 500 orang. Sementara jika tengah pekan, pengunjung bisa mencapai 150 orang. “Fasilitas disini baru bisa menyediakan penyewaan ban untuk berenang anak-anak, penyewaan tikar, dan warung-warung jajanan serta UMKM kerajinan tangan warga. Mudah-mudahan kedepannya bisa bertambah lagi seperti membuat gazebo dan fasilitas lainnya,” ujarnya, Sabtu (4/11/2023).

Kedalaman kolam antara 30 cm hingga 70 cm. Jadi aman untuk anak berenang, tapi harus dalam pengawasan orang juga. Selain berenang, banyak juga wisatawan yang makan bersama keluarga. Meskipun banyak warung jajanan, namun pihak pengelola, mengijinkan pengunjung membawa makanan dari luar. "Untuk alas duduk ada sewa Rp 10.000. Tentunya melalui pengeras suara kami juga selalu menghimbau kepada para pengunjung untuk menjaga kebersihan," ujarnya.

Meskipun musim kemarau panjang, namun mata air Cikandung tidak pernah mengalami kekeringan. "Hanya menyusut saja, kalau sampai kekeringan belum pernah," ungkap Asep.

Adapun wisatawan yang hendak berwisata ke mata air Cikandung, kata Asep, dikenakan tiket masuk sebesar Rp 2.000 per orang. Kemudian parkir motor sebesar Rp 2.000 dan mobil Rp 5.000. Selain kealamiannya, tarif masuk yang murah menjadikan objek wisata mata air Cikandung menjadi favorit masyarakat. Apalagi ditengah musim panas seperti saat ini. "Tiketnya murah, airnya bersih dan segar, suasananya sejuk, bisa botram (makan bersama). Jadi sangat cocok untuk liburan bersama keluarga," kata Novia (23) pengunjung asal Cimalaka.